On building “Open” culture.

Salah satu misi dibangunnya evilfactory adalah untuk membangun “engineering culture” yang hebat. Dan salah satu kultur yang sedang dibangun adalah “Be Open”. Terbuka.

Open source, Open minded, Open data, apapun. Selagi ada kata “Open” dan mengarah ke sesuatu yang positif, maka itu adalah bagian dari kultur evilfactory, dalam konteks ini.

Mengapa Open?

Bagaimana bila pertanyaan nya dibalik: Mengapa Closed?

Mengapa berfikiran tertutup daripada terbuka?

Mengapa menulis kode yang sumbernya tertutup daripada terbuka?

Mengapa menyembunyikan pengetahuan daripada membagikannya?

Dengan “terbuka”, banyak dampak positif yang terjadi selagi apa yang kita “terbuka”-kan tersebut positif. Dengan berfikiran terbuka, kita bisa berbagi apa yang difirkan orang lain terhadap apa yang kita fikirkan, vice-versa. Dengan kode sumber terbuka, kita bisa membangun “kepercayaan” terhadap konsumen yang menggunakan kode tersebut, sekaligus membuat developer lain belajar dari kode yang kita tulis.

Dan membangun software terbaik demi dunia yang lebih baik, bersama.

Dengan membagikan pengetahuan, kita bisa membuat orang lain juga mendapatkan pengetahuan yang kita miliki.

Lihat, dimana letak negatif nya dari hal-hal yang gue sebut diatas?

Tentang persaingan? Tentang bisnis? Tentang kesombongan?

Tidak, man. Persaingan menciptakan inovasi & kesombongan hanyalah asumsi darimu saja.

On writing a blog

Hampir setiap member evilfactory memiliki blog. Atau setidaknya memiliki “media” tempat menyalurkan apa yang mereka fikirkan. Kita mulai dari yang paling kecil/sederhana/low-effort terlebih dahulu, yakni menulis blog.

Tentang apapun itu. Teknikal, kehidupan pribadi yang layak dibagikan, dsb. Intinya, mulai dari membiasakan diri untuk berbagi terlebih dahulu, dengan cara menulis blog. Dan seperti yang kita tau, bahwa kebiasaan itu dibentuk. Setelah kita terbiasa berbagi, menulis blog, entah topik ringan seputar kehidupan pribadi ataupun topik berat seputar teknikal, gue yakin akan menganggap nya biasa saja. Tidak ada kesulitan ataupun masalah lain yang menjadi penghambat untuk berbagi tersebut.

Lalu, jika kita sudah mengerti manfaatnya “Open”, gue yakin untuk open-open lainnya pun akan terbiasa. Seperti open minded, open source, dsb.

Our effort

Ada beberapa cara agar kita bisa membangun kultur ini agar kultur ini terbentuk disetiap member evilfactory khususnya, dan untuk semua orang umumnya.

Role model

Tentunya perlu role-model untuk bisa membangun kultur ini, dan dimulai dari gue & teman gue. Gue sendiri, sudah mempublish 179 tulisan di medium dan 33 tulisan di blog pribadi. Belum ditambah tulisan-tulisan ditempat lain, blog lama, dsb. Begitupula dengan Rin yang gue yakin lebih dari 20+ karena gue males itung satu-satu tulisan di Medium dia.

Selain dari kita berdua, ada juga member lain yang sudah berbagi. Yakni Afrijal, Bagas, dan Sutan. Yang artinya, mereka sudah mencoba untuk “Open Minded” juga “Open Knowldge” di dunia internet.

Feed Channel

Agar member lain “ter-trigger” untuk menulis lebih semangat lagi, kita memiliki channel khusus bernama rss, yang isinya adalah judul & link terbaru dari salah satu member evilfactory yang di automasi oleh serverless bot kita yang bernama Anak Metal.

Yang tujuannya agar merasa “ter-trigger” karena member lain menulis tulisan baru, seperti tulisan ini contohnya.

Leaderboard

Ini belum dibuat, namun akan dibuat leaderboard akan “penulis blog terbanyak”. Yang sumbernya adalah blog pribadi mereka masing-masing. Gue rasa proses gamifikasi seperti ini memiliki dampak yang positif, dan semoga benar.


Dapat apa dari “Open” ini? Banyak. Lihat bagaimana Keuntungan yang didapat Facebook merelease project Open Source, atau bagaimana mas Yohan Totting membagikan tentang Apa yang dia dapat dari berkomunitas. Dan juga, gue kenal dengan member-member evilfactory pun dari aktifitas gue & mereka yang sering berbagi via tulisan di blog.

Dan semoga dari terbiasa menulis di blog ini, bisa melahirkan kebiasaan-kebiasaan lain terkait “Open”, seperti:

Dan semoga, salah satu kultur yang sedang kami bangun ini bisa menginspirasi yang lain, baik didalam/diluar member evilfactory.

Thanks.